KERJA SAMA BILATERAL BPK RI DAN ANAO: PERFORMANCE AUDIT COACHING DI BPK LAMPUNG

Bandar Lampung – Dalam rangka impelementasi kerja sama bilateral tahun 2024, BPK dan ANAO (Australian National Audit Office) menyelenggarakan coaching pemeriksaan kinerja di ruang auditorium Gedung kantor BPK Perwakilan Provinsi Lampung pada hari Kamis tanggal 26 September 2024.

Coaching ini ditujukan untuk memberikan pendampingan kepada tim pemeriksaan kinerja BPK dan berfokus pada aspek kunci pemeriksaan kinerja, antara lain analisis risiko, perencanaan pemeriksaan strategis, dan pemahaman strategi untuk meningkatkan kualitas pemeriksaan kinerja. Coaching pemeriksaan kinerja oleh ANAO untuk tahun 2024 diberikan kepada tim pemeriksaan pengelolaan APBD dalam rangka mendukung pembangunan nasional.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Perwakilan BPK Provinsi Lampung Masmudi yang didampingi oleh Kepala Sekretariat Perwakilan Dayan Alghiffari, Kepala Subauditorat Lampung I Yayon Hudiantoro, Kepala Subauditorat Lampung II Andanu, beserta tim pemeriksaan pengelolaan APBD dalam rangka mendukung Pembangunan nasional Provinsi Lampung. Pelaksanaan Coacing dilakukan secara hybrid melalui daring dan luring. Kepala Perwakilan menyampaikan harapannya tentang pelaksanaan coaching ini dan menyampaikan fokus pemeriksaan kinerja yang dilaksanakan adalah perencanaan Pembangunan, budgeting planning, budget management, serta bimbingan dan pengawasan.

Subject Matter Experts (SME) dari ANAO, yaitu Kristian Gage (Senior Advisor ANAO to BPK), Jonathan Muller (Senior Director dari Performance Audit Services Group), dan Joyce Knight  (Senior Director dari Performance Audit Services Group).  Coaching juga melibatkan Direktorat Analisis Kebijakan sebagai narasumber pendamping.

Pelaksanaan Coaching dimulai dengan paparan dari tim pemeriksaan kinerja yang dilakukan oleh Pengendali Teknis Susanti Ariningtyas dan menyampaikan latar belakang pemeriksaan kinerja yang dilakukan oleh BPK. Selanjutnya dilaksanakan kegiatan tanya jawab terkait substansi oleh narasumber.