Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-89 Tahun 2017

Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 89 Tahun 2017, BPK Perwakilan Provinsi Lampung melaksanakan Upacara Bendera yang diselenggarakan pada hari senin, 30 Oktober 2017 di halaman gedung  BPK Perwakilan Provinsi Lampung. Upacara dipimpin oleh kepala Perwakilan, Sunarto selaku Inspektur upacara, David Siahaan selaku Komandan upacara dan diikuti para Pejabat Struktural  serta seluruh pegawai di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Lampung.

Dalam sambutannya, Inspektur Upacara membacakan pidato sambutan menteri pemuda dan Olahraga Republik Indonesia. Tema dalam Peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini adalah “Pemuda Indonesia Berani Bersatu”. Delapan puluh sembilan tahun yang lalu, sebanyak 71 pemuda dari seluruh penjuru tanah air, dengan memiliki latar belakang agama, suku, bahasa, dan adat istiadat yang berbeda-beda namun tetap bersatu demi cita-cita besar bangsa Indonesia. Inilah yang disebut dengan “Berani Bersatu”.

Dalam sebuah kesempatan, Presiden republik Indonesia yang pertama, Bung Karno pernah menyampaikan : “Jangan mewarisi abu sumpah pemuda, tapi warisilah api Sumpah Pemuda. Kalau sekedar mewarisi abu, saudara-saudara akan puas dengan Indonesia yang sekarang sudah satu bahasa, satu bangsa, dan satu tanah air. Tapi ini bukan tujuan akhir”. Api Sumpah pemuda harus kita ambil dan terus kita nyalakan. Kita harus berani melawan segala bentuk upaya yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa. Kita juga harus berani melawan ego kesukuan, keagamaan, dan kedaerahan.