Donor Darah dan Papsmear Dalam Rangka HUT BPK RI ke 71

 

Sesuai dengan tema HUT BPK RI ke 71 “Merajut Kebersamaan”, BPK Perwakilan Provinsi Lampung mengadakan kegiatan papsmear dan donor darah. Kegiatan papsmear dilaksanakan pada hari senin, tanggal 8 Januari 2018 di ruang klinik lantai 1 dan diikuti oleh pegawai wanita yang sudah menikah yang bertujuan untuk mendeteksi gejala kanker mulut rahim secara dini (pre cancer cervix). Pre cancer cervix mudah di terapi sehingga tidak berlanjut menjadi cancer cervix.

Sedangkan kegiatan donor darah dilaksanakan pada hari selasa, tanggal 9 januari 2018 bekerja sama dengan Unit Donor Darah PMI Kota Bandar Lampung. Kegaiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian seluruh pegawai BPK Perwakilan Provinsi Lampung terhadap sesama, khususnya mereka yang membutuhkan darah. Sesuai dengan prosedur para pegawai yang akan mendonorkan darah dites terlebih dahulu kondisi kesehatan dan kadar hemoglobin (Hb) darahnya. Apabila salah satu dari dua tes tersebut tidak lolos, pegawai tersebut tidak diperkenankan untuk diambil darahnya.

Donor darah memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah dapat menyelamatkan nyawa orang lain yang sedang dalam kondisi kritis dan memerlukan transfusi darah. Selain itu, donor darah juga bermanfaat bagi kesehatan pendonor. Diantaranya menyeimbangkan zat besi, mengurangi resiko penyakit berat seperti serangan jantung, stroke, dan obesitas.