’’Boleh Bangga, tapi Jangan Terlena’’

METRO – Wali Kota Metro Lukman Hakim mengaku bangga atas keberhasilan meraih piagam penghargaan piagam wajar tanpa pengecualian (WTP). Tetapi, ia meminta penghargaan yang diraih jangan membuat satuan kerja terlena dan cepat berpuas diri. ’’Ini berkat kerja keras seluruh jajaran pemkot.

Dengan keberhasilan ini, saya berharap dapat memotivasi bagi seluruh aparatur untuk bekerja lebih baik lagi, terutama menyangkut pengelolaan keuangan. Boleh bangga tetapi jangan terlena!’’ tegas Lukman Hakim kepada Radar Lampung kemarin (12/9). Ia juga meminta satuan kerja perangkat dinas (SKPD) dapat bekerja secara maksimal, lebih transparan, dan lebih accountable dalam pengelolaan keuangan.

 Terlebih Kota Metro kini dijadikan sebagai wilayah bebas korupsi (WBK) yang dicanangkan oleh Kemenpan-RB dan Komisi Pemberantasan Korupsi. Lukman mengaku, reformasi keuangan terus dilakukan pada aspek-aspek pembaharuan peraturan perundang-undangan, pengaturan kelembagaan, penataan sistem dan prosedur, serta peningkatan kapasitas sumber daya manusia.

Nah, perbaikan-perbaikan yang dilakukan Pemkot Metro dalam pengelolaan keuangan antara lain meningkatkan komitmen pemkot dan pengelolaan keuangan. Kemudian, meningkatkan kualitas SDM bidang keuangan dan akuntansi, memperbaiki sistem pengendalian intern, meningkatkan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan. Ya, berdasarkan hasil pemeriksaan BPK atas Laporan Keuangan Kementerian Negara/Lembaga (LKKL) 2011, mendapat opini audit terbaik yaitu WTP adalah 67 LKKL.

Jumlah ini meningkat tajam dari 2006 sebanyak tujuh LKKL. Sementara itu, jumlah laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) yang mendapat opini audit WTP juga mengalami peningkatan pada 2006 yang hanya tiga LKPD. Kini menjadi 67 LKPD pada 2011.

Penghargaan diberikan atas keberhasilan Pemkot Metro dalam menyusun dan menyajikan laporan keuangan 2011 dengan capaian standar tertinggi dalam akuntansi dan pelaporan keuangan pemerintah.

 Berdasarkan hasil audit yang dilakukan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, Pemkot Metro mendapatkan audit terbaik yakni WTP. Secara langsung pemkot menerima piagam penghargaan paling bergengsi dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia yang berlangsung di Gedung Dhanapala Jalan Senen Raya No. 1, Jakarta, Selasa (11/9). (ful/c3/adi)

sumber : www.radarlampung.co.id – Kamis, 13 September 2012 | 10:02 WIB