UPACARA KE 74 HUT BPK RI

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Lampung mengikuti Upacara Bendera dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-74 BPK secara virtual yang diselenggarakan di  halaman utama Kantor Pusat BPK Jakarta dan di ikuti oleh seluruh perwakilan (19/01). Upacara ini dihadiri oleh para Pimpinan BPK dan pegawai baik secara virtual maupun secara fisik dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Ketua BPK Agung Firman Sampurna dalam sambutannya menyampaikan apresiasi tinggi atas semangat dan kinerja seluruh pelaksana BPK. Ketua BPK juga mengapreasi pelaksanaan pemeriksaan laporan keuangan yang diselesaikan dengan sangat baik dan tepat pada waktunya. Tahun 2020 menjadi tahun yang penuh tantangan bagi pemeriksa pengelolaan keuangan negara, khususnya karena pandemi Covid-19. Namun, hal tersebut tidak menyurutkan semangat BPK untuk terus melaksanakan tugas utamanya dalam mengawal harta negara.

Dalam merespon pandemi Covid-19, BPK memberikan kajian strategis tentang pengelolaan keuangan negara dalam penanganan dan mitigasi risiko pandemi Covid-19, kemudian diikuti dengan pelaksanaan pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara dalam pandemi Covid-19. Selain kajian strategis, BPK juga akan menyampaikan Pendapat BPK mengenai Pengelolaan atas Penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan Sosial dan Pendapat BPK mengenai Pengelolaan Dana Otonomi Khusus (otsus) pada Provinsi Papua dan Papua Barat. Pendapat BPK ini akan membantu penguatan aspek strategis dan perbaikan tata kelola program jaminan kesehatan sosial dan otsus. Menutup sambutannya, Ketua BPK mengajak seluruh insan BPK melalui peringatan HUT BPK ke-74 untuk meneguhkan nilai dasar BPK, yaitu independensi, integritas, dan profesionalisme, sehingga menjaga kepercayaan dan kredibilitas BPK di masyarakat.

Kegiatan Upacara HUT ke-74 BPK di Perwakilan Provinsi Lampung diakhiri dengan acara syukuran pemotongan tumpeng oleh Kepala Perwakilan yang diikuti oleh seluruh pejabat struktural dan pegawai di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Lampung.